Ayo, Menjadi Selebritis IT

Jumat, 21 Desember 2007

Belakangan ini kian marak artis dan selebritis karbitan yang "dilahirkan" oleh industri televisi. NAh, ternyata selebritis karbitas ini juga bisa muncul dari dunia Teknologi Informasi alias IT. Melalui jaringan komputer dan Internet pun, para pekerja dan peminat IT memiliki kesempatan yang besar untuk menjadi terkenal layaknya selebritis. Apalagi, saat ini Teknologi Internet tidak kalah hebatnya dengan teknologi televisi.


Tahapan menjadi selebritis IT bisa dimulai dengan yang sederhana, cukup dengan memiliki jiwa IT. Dengan memiliki jiwa IT, selanjutnya anda akan tergila-gila dengan komputer dan Internet yang kemudia membawa Anda menjelajah dunia maya sekaligus terkenal.

Jika Anda tertarik menjadi selebritis IT, minimal ada delapan cara selebritis IT yang bisa anda coba :

1.Ikuti Milis
Dengan mendaftar sebagai anggota dalam suatu milis, otomatis Anda mendapatkan topik-topik perbincangan yang sedang aktual dari topik milis yang Anda ikuti. Pelajari kultur dan aturan milis yang diterapkan oleh moderator milis tersebut. Lalu, sering-seringlah melakukan posting sesuai bahasan topik.

2.Ikuti Forum
Forum hampir sama dengan milis, hanya saja perbedaannya yaitu, untuk forum bekerja pada dataran website. Pada forum, jumlah posting Anda akan dicatat, sehingga Anda memiliki kesempatan untuk menduduki jabatan moderator. Selain itu banyak forum-forum Internasional dimana para ahli-ahli di bidangnya sehingga dengan aktif di dalam forum tersebut bisa jadi nama Anda telah dicatat dan Anda memiliki kesempatan mendapatkan relasi yang luas.

3.Membuat Web Pribadi
Dengan booming-nya era teknologi informasi saat ini, yang berkesempatan memiliki website tidak hanya perusahaan saja, tetapi setiap individu memiliki kesempatan memilikinya. Hal ini bisa menjadi sarana menjual diri dengan mencantumkan informasi detail Anda. Apalagi mencantumkan curiculum vitae
(CV) sehigga kompetensi Anda bisa diketahui masyarakat Internasional. Anda juga bisa mendapatkan blog secara gratis di beberapa penyedia blog, seperti blogger.com, wordpress.com, blog.com. Lalu, mulailah mencantumkan data pribadi Anda atu bahkan tulisan-tulisan Anda.

4.Membangun Komunitas
Komunitas Internet yang biasa disebut virtual communities tidaklah sedikit. Komunitas di Internet terbentuk dengan sendirinya, bukan paksaan dari pemilik web. Apabila komunitas terbentuk dengan baik, Anda dapat menawarkan fitur-firur keanggotaan untuk mendapatkan keuntungan lainnya, misalnya komunikasi antar anggota, berkontribusi dalam penulisan artikel, atau mendapatkan fitur-fitur web yang lainnya.

5.Bagi-bagi Gratis

Metode menggratiskan software protype bukan lagi barang baru. Sejak lama para pengguna IT senang untuk menggratiskan software buatannya dan menyebarkannya di Internet caranya dengan mengupload software anda di www.rapidshare.com setelah di upload catatlah alamat yang diberikan untuk mendownload software tersebut secara bebas setelah itu alamat itu di plubisasikan contoh ke blog anda, forum, dll. Hal ini bukan kampanye anti HAk Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), tetapi ini hanya sebagai sarana untuk mempromosikan kompetensi anda.

6.Tidak Pelit Ilmu
Kita bisa membagi ilmu kita dengan membuat sebuah artikel seperti saya lalu mengirimkannya melalui milis atau mempostingnya pada forum ataupun blog atau website pribadi kita. Secara otomatis mesin pencari web (search engine) akan mengindeks website dan milis kita, sehingga artikel kita dapat dinikmati para pengguna Internet. Secara otomatis nama Anda akan semakin dikenal dikhalayak pengguna Internet.

7.Ikuti Seminar
Menjadi terkenal di bidang IT tentu saja tidak hanya berhadapan dengan komputer dan jaringan Internet, tetapi ada hal-hal lainyang mesti dilakukan dengan cara menghadiri seminar atau berbagai pelatihan dan workshop. Jangan lupa bawa kartu nama! Siapa tahu Anda bertemu dengan pemilik modal ataupun pekerja IT dari instansi lain.

8.Dekat dengan Media Massa
Media massa baik cetak maupun elektronik merupakan salah satu jalan akselerasi bagi ketenaran Anda. Ketika media massa telah mengekspose Anda, maka secara otomatis Anda dapat dikenal oleh para penikmat informasi. Nah, kedelapan cara tersebut akan menjadikan Anda lebih bernilai alias selebritis IT. Selamat Mencoba Kawan!


0 komentar:

 
TempatWeb.blogspot.com Dikelola oleh Scoziban Production                TempatWeb.blogspot.com