Blog, Dunia Baru di Internet

Kamis, 20 Desember 2007

Semula blog hanya diminati kaum remaja, namun kini blog banyak di gunakan oleh orang tua, anak-anak, bahkan perkumpulan, organisasi, partai, dan bisnis. Blog disediakan secara gratis, dapat digunakan untuk menampilkan foto dan tulisan, dan bentuknya dapat diganti-ganti semudah memilih menu. Blog bisa juga dimanfaatkan untuk menggantikan rapat RT di kampung. Sudah saatnya Anda memiliki blog.



Sejak beberapa tahun terakhir ini, banyak orang memiliki situs pribadi dengan cara yang gampang, yaitu melalui blog. Blog berasal dari kata web blog yang kurang lebih adlah catatan di web, atau mirip buku harian pribadi. Namun, karena kemampuan blog makin canggih saja, maka blog tidak ubahnya situs biasa. Disana pemilik situs mengekspresikan dirinya, baik melalui gambar, tulisan, maupun link, dan pengunjung dapat memberi tanggapan secara langsung.

Selain itu terdapat fasilitas tambahan (disebut widget atau gadget atau add-in), yang merupakan kelengkapan web standar saat ini, diantaranya adalah kalender, pencarian kata, hit (petunjuk jumlah pengunjung), link ke situs lain, dan masih banyak lagi. Dengan fasilitas-fasilitas ini, web menjadi benar-benar tampak professional, tidak terlihat lagi kalau sebenarnya di buat oleh seorang pemula yang baru saja belajar membuat web, namun tidak perlu mengetahui teknik pemrogaman atau bahasa HTML sama sekali.

Blog disediakan secara gratis. Beberapa web penyedia blog yang terkenal di antaranya adalah www.blog.com, www.blogger.com, www.wordpress.com, www.blogdrive.com, dan masih banyak lagi. Bahkan ada yang disediakan khusus untuk menampilkan foto-foto pribadi, di antaranya adlah www.flickr.com dan www.friendster.com. Untuk membuat situs, caranya cukup mudah yaitu pendaftar harus memiliki email (yang juga banyak tersedia versi gratisnya). Email ini akan digunakan untuk mengirimkan tanggapan dari pengunjung situs (meskipun biasanya tanggapan dari pengunjung juga dapat dilihat langung di blognya).

Pada tahap awal mulai dikenalkan, pemakai web justru kebanyakan dari kalangan remaja. Mengapa demikian? Meskipun tidak ada penelitian yang dipublisasikan, tetapi agaknya blog untuk dunia remaja. Tampilan blog dapat diganti-ganti setiap saat semudah memilih menu. Padahal, tampilan blog juga sangat bervariasi, ada yang kalem juga anggun, ada yang serius, ada juga yang terkesan dinamis dan ceria. Pemilik blog dapat mengubah-ubah tampilan situsnya setiap saat, tanpa membuat isi blognya berantakan.

Blog merupakan satu tempat virtual untuk mengekspresikan diri para pemiliknya. Pemilik blog dapat menuliskan perasaan pribadinya, kisah perjalanan hidup, ide-ide, atau apa saja yang ada dibenaknya. Mereka lalu saling mengunjungi blog teman-temannya yang lain, baik yang sudah dikenalnya di sekolah maupun kenalan baru di Internet. Merekas lalu saling menanggapi. Inilah yang menjadikan mereka nyaman mengekspresikan diri mereka.

Pada perkembangan berikutnya, blog juga dimanfaatkan oleh pengunjung yang semakin bervariasi, termasuk kalangan tua, dan anak-anak (seusia siswa SD). Blog tidak lagi digunakan untuk keperluan pribadi, tetapi tidak kalah banyaknya juga digunakan untuk organisasi atau klub.

Meskipun blog bersifat gratis dan isinya bebas, namun seperti biasanya, pengunjung harus mematuhi etika umum yang berlaku di seluruh dunia. Pertama, tidak boleh menampilkan tulisan atau gambar yang berbau pornografi. Kedua, tidak boleh menyerang atau melanggar privasi orang lain atau perusahaan. Ketiga, tidak untuk keperluan yang berkaitan dengan kejahatan maupun terorisme. Meskipun demikian, bila Anda memanfaatkaatnya untuk bisnis seperti afliate atau usaha promosi masih dimungkinkan.

Alasan Memiliki Blog
Mengapa blog semakin populer dan semakin diminati pengunjung Internet? ada beberapa alasan. Pertama, karena mudah membuatnya. Pengunjung tinggal masuk ke salah satu situs blog (misalnya saja www.wordpress.com untuk kata-kata atau www.flickr.com untuk foto dan gambar), lalu mendaftar(Sign Up), memilih bentuk tampilan, dan terakhir mengisi tulisan dan/atau foto diakhiri dengan mengklik Save, Publish, atau Upload. Selanjutnya situs pribadi sudah dapat dikunjungi teman-temannya di seluruh dunia. Anda membuat situs blog kurang dari satu jam, dengan menyewa komputer di warnet seharga semangkuk bakso.

Kedua, karena alamat situsnya bisa menggunakan nama pribadi, misalnya http://scoziban.wordpress.com atau http://www.flickr.com/photos/scoziban. Untuk mendapatkan nama ini pengunjung tinggal memilih. Kalau sudah keduluan orang lain, ya harus menggunakan nama lain. Kalaupun Anda belum berniat membuat blog pribadi sekarang, alangkah baiknya Anda segera mendaftar, paling tidak agar nama Anda (apalagi bila nama Anda, maaf, termasuk nama yang banyak dipakai orang) tidak digunakan orang lain.

Ketiga , praktis, kerana pemilik blog tidak perlu mengetahui bahasa pemrogaman (misalnya HTML, ASP, PHP, dan sebagainya). Pengunjung hanya perlu menulis dan meng-upload (mengirim) foto. Bahkan kini beberapa merek ponsel tertentu sudah memiliki sarana untuk memotret dan langsung dikirim ke blog, jadi Anda sedang berwisata ke suatu tempat, memotret, saat itu juga foto Anda sudah dapat dinikmati oleh pengunjung situs Anda dari seluruh dunia.

Keempat, tidak perlu mendaftar ke perusahaan penyedia jasa Internet (web-hosting), yang meskipun banyak juga yang gratis, tetapi biasanya aksesnya lambat dan umur perusahaan juga seringkali perlu dipertanyakan. Belum lagi kerahasian atau keamanan situs blog kita, karena tidak kuatnya perlindungan hukum dalam dunia maya di Indonesia.

Memanfaatkan Blog
Bila anda ingin memiliki situs pribadi di Internet, kini saatnya Anda mendaftar ke salah satu blog, yang menurut Anda dapat memenuhi selera Anda. Anda harus memilih apakah mau banyak menyampaikan pesan tertulis (disertai gambar), atau menampilkan banyak foto (dengan beberapa keterangan tulisan).


0 komentar:

 
TempatWeb.blogspot.com Dikelola oleh Scoziban Production                TempatWeb.blogspot.com